Home > Keluarga > Alasan Bayi Menangis

Alasan Bayi Menangis

September 27, 2011

Menangis adalah peristiwa normal dalam kehidupan semua bayi. Ketika bayi keluar dari rahim hal pertama yang dilakukan adalah menangis. Dengan tangisan pertama ia akan mengambil udara segar ke paru-paru untuk pertama kalinya dalam hidup mereka. Setelah melahirkan, jika bayi tidak menangis maka harus dimulai dengan sedikit mencubit atau membelai kaki dengan lembut. Dari sini jelas bahwa bayi yang sehat harus menangis dan itu adalah peristiwa fisiologis normal.

Kita semua tahu bahwa bayi tidak dapat memberitahu kebutuhannya dalam kata-kata. Satu-satunya cara baginya untuk berkomunikasi dengan orang lain adalah dengan menangis. Bayi menunjukkan beberapa tanda-tanda lain seperti melambaikan kaki atau menendang, tangan dan kepala memutar, dan sebagainya. Tetapi cara terbaik untuk mengambil perhatian orang lain adalah dengan menangis. Karena itu, tangisan bayi tidak boleh diabaikan .

Berikut ini adalah berbagai alasan umum menangis:

1. Lapar

Seorang bayi yang lapar akan menangis sampai dia mendapatkan susu.

2. Basah

Buang air kecil dan buang air besar menyebabkan ketidaknyamanan, kemudian bayi akan menangis sampai bagian tubuhnya dibersihkan dan dibuat kering.

3. Kesepian

Mayoritas anak-anak membutuhkan orang yang dekat. Jika mereka merasa kesepian mereka akan merasa kesepian. Bahkan ketika boneka mereka lepas dari genggaman, mereka menangis.

4. Lelah

Saat bayi lelah setelah perjalanan dan tidak bisa tidur, mereka hanya bisa menangis.

5. Panas & dingin

Jika lingkungan sekitar terlalu panas atau terlalu dingin, mereka menjadi gelisah dan menangis. Anak nyaman di sebuah ruangan dengan ventilasi yang baik.

6. Pakaian ketat

Pakaian ketat terutama untuk celana dapat berakibat nyeri di daerah pinggul.

7. Kamar gelap

Ketika bayi bangun dari tidur ia membutuhkan lampu. Jika redup atau gelap dia menangis. Begitu juga jika lampu terlalu terang dia akan terganggu oleh cahaya yang kuat sehingga menangis. Jadi pilihlah lampu yang sesuai dengan bayi anda.

8. Nyamuk

Bukan hanya bayi, bahkan orang dewasa dapat terganggu oleh hewan yang satu ini.

9. Ruam popok

Biasanya ruam disebabkan oleh popok yang terlalu ketat atau lembab. Ruam dapat disebabkan oleh beberapa reaksi alergi terhadap bahan popok elastis. Ketika ruam muncul, dapat menyebabkan nyeri dan bayi menjadi susah tidur dan menangis.

10. Kebiasaan

Beberapa bayi menangis tanpa sebab yang jelas, tapi karena memang sudah menjadi kebiasaannya. Sehingga, menangis dianggap umum untuk seorang bayi.

Categories: Keluarga
%d bloggers like this: